Belajar Arti Kesederhaaan Hidup

05 May 2017 14:47

Sederhana dalam kamus bahasa indonesia mempunyai arti bersahaja,tidak berlebih-lebihan,hidupnya selalu sedang tidak banyak pernik. dan lain sebagainya.

Dalam hidup ini kesederhanaan ada kebersahajaan yang menuntun kepada kebahagiaan hati bukan emosional manusia, karena sebenarnya yang kita butuhkan hanya sedikit dan tidak selalu berupa materi, selebihnya untuk memberi dan memenuhi hak orang lain.

Hidup sederhana tidak berarti hidup dalam kesengsaraan, kemiskinan, kemelaratan dan serba kekurangan. Kesederhanaan merupakan pola pikir dan pola hidup yang proporsional, tidak berlebihan dan mampu memprioritaskan sesuatu yang lebih dibutuhkan.

Kemampuan untuk ikhlas menerima yang ada, berusaha untuk berlaku adil dan bersyukur atas setiap rezeki yang diberikan dengan tetap menggunakannya pada hal-hal yang bermanfaat dan berarti. Kemampuan itulah yang memberikan manfaat dan menjadi energi dalam kehidupan kita.itulah mungkin arti kesederhanaan hidup.

Saya sadari benar, ada perbedaan yang sangat besar, bagi mereka yang menjalani kehidupannya setapak demi setapak, dan menyiapkan dirinya. Perubahan seperti apa pun akan tetap bisa ia sikapi dengan tepat, dan hal baik yang sebelumnya sudah ia punya akan tetap dan tidak berubah. Berbeda dengan mereka yang tidak siap, perubahan instan yang datang kepadanya akan menyebabkan ia berubah 180 derajat dan mungkin merubah ia menjadi pribadi yang lain.dan sudah tidak bisa bertahan dengan ‘kesederhanaan’nya.

Harusnya, dengan datangnya ‘kesempatan’ yang menjadikannya memasuki fase baru dalam hidup untuk kenaikan kelasnya. Ia juga tetap komitmen dalam kebaikan yang ia lakukan sebelumnya. hidup itu prosesnya kan ,,bukan hasilnya? Hehehe

Bersinarlah karena kualitas pribadi kita yang baik, layaknya rambut yang berkilau karena ia sehat. Bukan karena perubahan yang dipaksakan, hanya karena mengejar kenaikan kelas secara instan.

Tidak mudah memang untuk menerapkan kesederhanaan dalam diri dan kehidupan kita sehari-hari. Mari kita terus belajar, memaknai, menghayati dan menerapkannya dalam keseharianku.